Halaman

18 Februari 2013

PA NEHEMIA


TANTANGAN DARI LUAR
NEHEMIA 4


Nehemia adalah salah satu contoh pemimpin yang bijaksana , berprinsip, rajin. Ia menjadi pemimpin pada suatu masa dalam sejarah bangsa Israel. Sedikit tentang latar belakang Nehemia. Tahun 587 sM, suku Yehuda di angkut dari tanah Israel dan dibuang ke Babel, raja Koresyi mengirimkan beberapa orang kembali ke tanah ini untuk membangun Bait Allah. Ezra, Zerubabel, Nehemia bekerja untuk membangun bait Allah. Zerubabel dan Ezra lebih banyak bekerja di keagamaan sedangkan Nehemia dikirim ke Yehuda menjadi Bupati disana.

Namun ada 3 tokoh utama yang menjadi penentang yaitu : Sanbalat adalah seorang Bupati Samaria, ia tidak senang melihat orang Yahudi menjadi bangsa yang merdeka. Orang kedua yaitu, Gesyem, dia adalah orang keturunan Arab. Dan orang ketiga yaitu Tobia, Bupati Amon. Nehemia tidak hanya membangun tembok Yerusalem tetapi dia juga harus membangun sebuah bangsa yang mampu berdiri sendiri karena Allah akan memimpin mereka.

Ketika kita sedang memegang suatu tanggung jawab besar atau sedang melakukan suatu pekerjaan entah itu dalam bentuk apapun maka semuanya tidak terlepas dari tantangan itu, atau biasa disebut dengan pencobaan-pencobaan. Jika tantangan itu terjadi pada anak-anak maka mereka cenderung menghadapi tiap tantangan itu dengan emosi dan idealisme, idealisme digambarkan jika tantangan dihadapi dengan tidak dapat mengendalikan diri maka menimbulkan perselisihan atau kekacauan ketika hendak menyelesaikannya. Iblispun tidak tinggal diam, ia akan berusaha untuk mengacaukan segala pekerjaan Allah.

Bagaimana dengan Nehemia menghadapi tantangan dari luar ketika hendak mendirikan temok Yerusalem ? beberapa pertanyaan di bawah membantu anda menemukan jawabannya : 

1. Kapan anda pernah melihat seseorang atua suatu kelompok jatuh atau hancur karena berada      dibawah tekanan orang-orang yang menentang pelayanannya ?
2. Baca Nehemia 4. Gambarkan perkembangan keseriusan cara Sanbalat dan Tobia mengancam orang Yahudi dan pembangunan tembok dalam ayat 1-6 !
3. Daftarkan cara-cara Nehemia menanggapi bentuk-bentuk tantangan ini (ay 1-6).
4. Menurut anda, mengapa Nehemia sangat tidak berbelas kasihan dalam doanya pada ayat 4-5 ?
5. Apa akibat sikap orang-orang dalam ayat 6 terhadap efisiensi kerja ?
6. Jelaskan ancaman-ancaman baru dalam ayat 7-12 yang ingin menghalangi pekerjaan pembangunan temok tersebut ?
7. Perhatikan bahwa Sanbalat mendapat bantuan dari dalam untuk melakukan intimidasi terhadap orang Yahudi dan Nehemia. Apakah itu (ay 10 dan 12)?
8. Dalam ayat 13-20, bagaimana Nehemia mengatasi ancaman-ancaman ini ?
9. Dalam situasi apa anda pernah melihat sebuah penyelesaian yang kreatif membuat suatu pekerjaan tetap berlangsung.?
10. Apa yang Nehemia yakini dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut (perhatikan ayat 9, 14 dan 20) ?
11. Apa yang anda pelajari tentang Nehemia dari caranya menangani tantangan pada pasal ini ?
12. Apakah tantangan membuat anda ingin berhenti bekerja, atau apakah hal itu menentang anda untuk lebih bekerja lebih keras untuk menyelesaikannya ? Jelaskan.
13. Tantangan – tantangan seperti apa yang dihadapi kelompok anda dan para pemimpinnya dalam pelayanan ?
14. Apakah hal itu membuat anda ingin menghadapinya dan mencari anugerah serta kekuatan Allah ? Jelaskan !. 

Setiap orang diperhadapkan dengan berbagai macam persoalan dan tatangan , apakah kita sebagai anak – anak cenderung menghadapi tantangan dengan egois, sikap pesimis, takut dan kuatir ?, Nehemia ketika menghadapi tantangan ia berdoa kepada Tuhan untuk orang-orang yang ingin menjatuhkan Nehemia bersama bangsanya. Ia tidak pernah memandang negatif setiap tantangan yang terjadi. Dengan keteguhan hati, ketabahan, kesehatian dan team work ia terus bekerja dan berdoa pada Tuhan karena dia percaya Allah menolong mereka.\


Jika tantangan yang dihadapi, sebagai anak-anak Tuhan yang telah menerima anugerah keslamatan tidak boleh ragu atau mempertanyakan penyertaan Allah ketika menghadapi kesulitan, serangan, masalah dalam pelayanan atau pekerjaan. Masalah atau kesulitan selalu ada hanya dengan doa.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

How to make money from playing slots for free? - Work
This is how to หาเงินออนไลน์ make money from playing slots for free. We outline this step guide with 메리트 카지노 a This means playing a lot of free casino slots 인카지노 games is