Halaman

17 Januari 2013

5 Kesalahan yang perlu dihindari oleh pemimpin kelompok kecil



1.       Terlalu banyak bicara
Lebih penting memberi kesempatan bagi para anggota kelompok kecil untuk membagikan gagasan,  perasaan, dan keyakinan (atau malah keraguan) mereka daripada pemimpin membagikan khotbah singkat yang memukau. Pemimpin yang baik akan secara konsisten mencari tahu cara pandang anggota kelompoknya, mendorong mereka untuk menggali teks Alkitab dan merenungkan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


2.       Mengajukan pertanyaan yang dibuat-buat
Salah satu kesalahan pemimpin kelompok kecil adalah mempersiapkan pertanyaan yang dibuat-buat, yang tidak menyentuh kebutuhan anggota kelompoknya. Berpikirlah realistis, biarkan anggota kelompok Anda bisa mengungkapkan diri mereka apa adanya. Menjadi apa adanya adalah kuncinya.


3.       Tidak ada persiapan, atau persiapan yang berlebihan
Kadang beberapa pendalaman Alkitab terbaik yg pernah dipimpin, berlangsung tanpa persiapan, mungkin pada saat itu Anda peka terhadap bimbingan Roh Kudus. Akan tetapi, ada juga pendalaman Alkitab terbaik yang pernah dipimpin, berlangsung ketika Anda melakukan persiapan secara menyeluruh. Jadi kesimpulannya apa? Kuncinya adalah bersikap peka terhadap Tuhan.

4.       Tidak menyenangkan atau tidak kreatif
Jangan biarkan anggota kelompok Anda bosan, ada beberapa saran utk menghidupkan pertemuan kelompok Anda, yaitu dengan papan tulis atau benda untuk ilustrasi pelajaran. Papan tulis mengalihkan fokus dari Anda sebagai pemimpin, ia menjadi pihak ketiga yg objektif, yang membantu pembahasan tetap pada jalur yg benar. Atau Anda bisa menyediakan benda-benda ilustrasi untuk membangkitkan minat dan menegaskan poin tertentu.

5.       Tidak mendorong orang menerapkannya
Alkitab tidak ditulis untuk memenuhi otak kita, tetapi untuk mengubah kehidupan kita. Apabila pertemuan berakhir dan Anda tidak mendiskusikan bagaimana pelajaran itu dapat mendatangkan perubahan dalam kehidupan sehari-hari, Anda tidak melayani anggota kelompok Anda dengan baik. Pastikan menyediakan waktu yang cukup untuk membahas penerapan secara tuntas.

Tidak ada komentar: