Halaman

14 November 2012

Makalah Rhizopoda


BAB I
PENDAHULUAN
1.1              Latar belakang
            Manusia merupakan hospes enam spesies ameba yang hidup dalam rongga usus besar yaitu Entamoeba histolytica, Entamoeba coli, Entamoeba hartmanni, Jodamoeba butschlii, Dientamoeba fragilis, Endolimax nana, dan satu spesies ameba yang hidup dalam rongga mulut yaitu Entamoeba gingifalis. Di mana semua spesies Entamoeba ini hidup sebagai komensal pada manusia kecuali Entamoeba histolytica.
            Selain hidup pada rongga usus besar, golongan Rhizopoda ada pula yang hidup bebas di air tawar, air laut, atau tempat berlumpur. Di antara ameba golongan Rhizopoda yang hidup secara bebas ( free living ameba ) ada dua genus yang hidup fakultatif dan patogen pada manusia, yaitu genus Naegleria dan Achantamoeba yang dapat menyebabkan penyakit Meningitis amebic.
            Oleh karena itu perlunya menambah wawasan tentang beberapa spesies rhizopoda khususnya spesies – spesies yang patogen terhadap manusia. Agar dapat mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan oleh spesies – spesies Rhizopoda ini.

1.2.      Tujuan penulisan
1)         Sebagai salah satu syarat untuk memenuhi nilai mata kuliah Praktikum Parasitologi.
2)         Untuk mengetahui berbagai macam spesies yang tergolong Rhizopoda, khususnya yang patogen dan berbahaya bagi manusia.
3)         Untuk menambah wawasan tentang golongan Rhizopoda.

BAB II
ISI
2.1       Definisi Rhizopoda
Protozoa merupakan makhluk hidup yang menyerupai hewan. Protozoa hidup di air tawar (selokan, parit, sungai, dan waduk), air laut, permukaan tanah yang lembap, rendaman jerami, dan di dalam tubuh makhluk hidup lain atau di dalam jasad yang mati.
Protozoa merupakan makhluk hidup bersel satu yang bersifat mikroskopis. Segala aktivitas hidup terjadi di dalam sel itu sendiri. Pada keadaan tertentu, Protozoa dapat membentuk dirinya menjadi kista. Protozoa dapat berkembang biak dengan cara aseksual dan seksual. Secara aseksual dilakukan dengan membelah diri dan secara seksual dengan konjugasi.
Protozoa dibagi menjadi enam filum, yaitu Rhizopoda atau Sarcodina (berkaki semu), Actinopoda, Foraminifera, Flagellata atau Mastigophora (bercambuk), Ciliata (berambut getar), dan Sporozoa (penghasil spora).
Rhizopoda adalah Protozoa yang mempunyai alat gerak berupa kaki semu (pseudopodia). Salah satu contoh Rhizopoda adalah Amoeba sp. Manusia merupakan  hospes enam spesies ameba yang hidup di rongga usu besar yaitu Entamoeba histolytica, Entamoeba coli, Entamoeba hartmanni, Iodamoeba butschilii, Dientamoeba fragilis, Endolimax nana dan satu spesies yang hidup di mulut, yaitu Entamoeba gingivalis. Semua ameba ini tidak pathogen, hidup sebagai komensal pada manusia, kecuali E,histolytica yang menjadi pathogen.
Rhizopoda termasuk protista mirip hewan. Rhizopoda bergerak dan menangkap makanannya dengan kaki semu (pseudopodia). Tubuh Rhizopoda bersel tunggal dan bentuk selnya dapat berubah-ubah. Hewan dari filum ini hidup bebas di air tawar, air laut, atau tempat berlumpur.
2.2       klasifikasi golongan rhizopoda
1.    Ameba Yang Hidup di Rongga Usus Besar
a)      Entamoeba histoytica
                        Morfologi
Sebagai hospes adalah manusia dengan penyakit  amebiasis
Ada 3 stadium, meliputi :
  Bentuk Histolitika/Tropozoit
Ukuran      : 20-40 µ
Inti                        : + di endoplasma
Endoplasma : berisi sel darah merah
Ektoplasma  : bening,homogen di tepi sel,pseudopodia besar dan lebar seperti daun
Tempat hidup : jaringan usus bessr, hati,paru,otak,kulit dan vagina
Bersifat : patogen
  Bentuk minuta
Ukuran      : 10 – 20 µ
Inti                        : +  di endoplsma
Endoplasma : berisi bakteri dan sisa makanan
Ektoplasma  : pseudopodia dibentuk perlahan shg gerakannya lambat
Tempat hidup : komensal di rongga usus besar
Bersifat non patogen, tapi tanpa bentuk ini daur hidup ameba ini tidak dpt berlangsung.         
  Bentuk kista
Ukuran                 : 10 – 20 µ
Inti                        : +   2 - 4
Endoplasma : benda kromatoid bsr seperti lisong, vakuol glikogen
Tempat hidup : komensal di rongga usus besar
Bersifat non patogen, merupakan bentuk infektif
Infeksi dapat terjadi jika menelan kista matang.
Patogenesis dan gambaran klinis.
Bentuk histolytica memasuki mukosa usus besar yang utuh kemudian mengeluarkan enzim yang dapat menghancurkan jaringan ( melisiskan ). Enzim ini adalah enzim cysteine proteinase yang disebut histolisin.
Kemudian bentuk histolitika memasuki submukosa dengan menembus lapisan muskularis mukosae, bersarang di submukosa dan membuat kerusakan yang lebih luas dari pada di mukosa usus. Akibatnya terjadi luka yang disebut ulkus ameba.
Apabila terjadi infeksi sekunder maka terjadilah proses peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan lebih meluas di submukosa dan melebar ke lateral sepanjang sumbu usus, maka kerusakan dapat menjadi luas sekali sehingga ulkus-ulkus saling berhubungan dan terbentuk sinus-sinus di bawah mukosa.
Bentuk histolitika ditemukan dalam jumlah besar di dasar dan dinding ulkus. Dengan peristalsis usus, bentuk ini dikeluarkan bersama isi ulkus ke rongga usus kemudian menyerang lagi mukosa usus yang sehat atau dikeluarkan bersama tinja. Tinja ini disebut tinja disentri yaitu tinja yang bercampur lendir dan darah.
Tempat yang sering dihinggapi ( predileksi ) adalah sekum, rectum, sigmoid. Seluruh kolon dan rektum dapat dihinggapi bila infeksi berat. Bentukklinis yang dikenal adalah amebiasis intestinal dan amebiasis ekstraintestinal.
Cara menegakkan diagnosis / diagnosis banding.
Diagnosa dapat ditegakkan dengan
1.      Diagnosa klinik
2.      Diagnosa laboratorium
3.      Radio foto, dan
4.      Test imunologi
Diagnosa untuk Amoebiasis hystolitica dapat dibagi :
1.      Amoebiasis intestinal akut, dapat ditegakkan dengan :
a.       Gejala klinik yaitu diare yang terjadi ± 10 kali sehari disertai demem dan sindrome disentri.
b.      Laboratorium dengan ditemukannya E. Hystolitica stadium hystolitica pada tinja encer yang bercampur darah . Pada pemeriksaan darah terjadi leukositosis.
2.      Amoebiasis intestinal akut, dapat ditegakkan dengan :
a.       Gejala klinik: diare bergantian dengan koptipasi. Jika terjadi eksaserbasi akut, biasanya terjadi sindroma disentri.
b.      Laboratorium, menemukan E. Hystolitica stadium kista padfa tinja yang agak padat. Pada pemeriksaan ini lebih sulit untuk menemukan parasit ini, maka perlu dilakukan pemeriksaan berulang sampai tiga kali. Dapat pula dilakukan sigmoidoskopi dan reaksi serologi.
3.      Amoebiasis hepatitis
a.       Pemeriksaan klinik, penderita datang dengan kesakitan, membungkuk seperti menggendong perut sebelah kanan, disertasi demam, berat badan menurun atau nafsu makan berkurang. Pada palpasi hati teraba hati yang membesar dengan nyeri tekan.
b.      Laboratorium, darah ditemukan leukositosis. Pada biopsi dasar abses ditemukan E. Hystolitica stadium hystolitica. Pada aspirasi nanah dapat ditemukan E. Hystolitica stadium hystolitica. Bila tidak ditemukan, dapat dilakukan test serologi yaitu test haemaglutinasi dan test immunologi.
4.      Amoebiasis paru
a.       Pemeriksaan klinik sukar dibedakan dengan infeksi paru lainnya, hal ini karena tidak ada laporan mengenai gejala klinik yang khas dari amoebiasis paru.
b.      Laboratorium, sputum penderita yang berasal dari penyebaran amoebiasis secara hematogen akan ditemukan E. Hystolitica stadium hystolitica.
Pengobatan.
Menggunakan obat amebisid yang penting yaitu :
1.      Emetin hidroklorida
Obat ini berkhasiat terhadap bentuk histolitika. Pemberian emetin ini hanya efektif bila diberikan secara parenteral, karena pada pemberian secara oral absorpsinya tidak sempurna. Toksisitasnya relatif tinggi, terutama terhadap otot  jantung. Dosis maksimum untuk orang dewasa adalah 65 mg/hr, dan anak di bawah 8 tahun 10 mg/hr. Lama pengobatan 4-6 hari.
2.      Klorokuin
Obat ini merupakan amebisit jaringan, berkhasiat terhadap bentuk histoitika. Efek samping dan efek toksiknya bersifat ringan, antara lain mual, muntah, diare, dan sakit kepala. Dosis untuk orang dewasa adalah 1 g/hr selama 2 hari, kemudian 500 mg/hari selama 2-3 minggu. Obat ini juga efektif untuk amebiasis hati.
3.      Antibiotik
Tetrasiklin dan eritromisin bekerja secara tidak langsung sebagai amebisit dengan mempegaruhi flora usus. Paromomisin bekerja langsung pada ameba. Dosis yang di anjurkan adalah 25 mg/kg berat badan/hari selama 5 hari, diberikan secara terbagi.
4.      Metronidazol ( Nitroimidazol )
Metronidazol merupakan obat pilihan, karena efektif terhadap bentuk histolitika dan bentuk kista. Efek samping ringan, antara lain mual, muntah, dan pusing. Dosis untuk orang dewasa adalah 2 gr/hari selama 3 hari berturut-turut, diberikan secara terbagi.
Epidemiologi
1.    Amebiosis ditularkan oleh pengandung kista matang (carrier) karena tinjanya merupakan sumber infeksi.
2.    Air, makanan, sayuran, dan lalat yang terkontaminasi oleh tinja carrier dapat sebagai sumber infeksi.
3.    Kista matang sebagai bentuk infektif dapat hidup 10-14 hari (dalam air), ± 12 hari (lingkungan lembab dan dingin. Tahan terhadap klor (cl2).
4.    Kista mati pada suhu 500 C dan kering.

Gambar spesies
Bentuk trofozoid
Bentuk kista


b)     Entamoeba coli
    Morfologi
 Entamoeba coli merupakan parasit usus besar, frekuensi 10 sampai 30% di dunia. Lingkaran hidup samaE.histolytica, hanya saja untuk Entamoeba coli tidak terdapat ekstra Intestinal.
Morfologi berbentuk tropozoit dan kista. Bentuk tropozoit berukuran 20 – 40 µm, Ektoplasma dan endoplasmatidak memiliki batas yang jelas, pseudopodia agak membulat, gerakannya lambat dan tidak bertujuan. dalamEndoplasma ; didapatkan adanya bakteri-bakteri, khromatin body, sel-sel tumbuh-tumbuhan, eritrosit tidak ada.Nukleus (inti) ; letak kariosome eksentrik, perifer khromatin kasar (membran inti kasar), dan terdapat halo.
Bentuk kista berukuran 10 – 33 µm, berbentuk bulat, dinding jelas refraktil dan berlapis dua. Inti antara 1 – 8 dengan kariosom eksentrik. Inklusi hanya merupakan batang kromodial yang ramping rudimenter. Bentuk kista pada stadium dewasa (matur) terdapat 8 inti. Diagnosa laboratorium ; sama seperti Entamoeba histolytica.

Patologi dan gejala klinis
Entamoeba coli bukan merupakan golongan yang patogen baik terhadap manusia maupun hewan (hidup komensal di usus besar).

Cara menegakkan diagnosis / diagnosis banding
Diagnosa ditegakan dengan menemukan bentuk trofozoit atau bentuk kista dalam tinja
Pengobatan
Karena Entamoeba coli bukan merupakan bakteri patogen (flora normal), maka tidak ada pengobatan untuk Entamoeba coli.

Epidemiologi
Entamoeba coli tidak menimbulkan penyakit pada manusia.

Gambar spesies
Bentuk kista
c)      Entamoeba hartmani
     Morfologi
Kista dari E.hartmanni sangat mirip dengan E. histolytica, tetapi lebih kecil, kurang dari 10 microns. Sangat sering berisi kurang dari 4 nuclei tetapi 4 nuclei adalah karakteristik dari jenisnya. Kistanya juga berisi chromatoidal bar.
Namun, mereka sedikit lebih kecil dan lebih banyak. Tropozoid dari E. hartmanni berukuran 5-12 micron juga sedikit lebih kecil daripada yang E. histolytica dan sering berisi banyak parasite / Hypeparasite.
Ukuran dari tropozoid diubah oleh keberadaan hyperparasites. Perawatan harus diambil ketika terjadi diferensiasi tropozoid dari E. hartmanni dan E. histolytica. Spesies yang ditemukan dalam usus besar dari manusia, lain kera, dan anjing.

Patogenesis
Entamoeba hartmanni dianggap nonpathogenic. Walaupun Entamoeba hartmanni dianggap nonpathogenic, protozoa ini dapat dianggap sebagai indikator dari kontaminasi fecal.

            Cara menegakkan diagnosis / diagnosis banding
Karena pada sediaan basah organisme ini sulit dibedakan dengan amoeba lain yang berukuran hampir sama, identifikasinya dilakukan dengan sediaan pulasan permanen. Dengan pengukuran yang akurat akan lebih memastikan diagnosa.
                        Pengobatan
Tidak ada sistem pengobatan untuk Entamoeba hartmani karena spesies Rhizopoda jenis ini bukan merupakan organisme yang patogen pada manusia
                        Gambar spesies

d)     Iodamoeba butschlii
Morfologi
Iodamoeba butschlii frekuensi kasusnya sebanyak ± 8% pada manusia, berinti khas, kista tidak teratur dan benda glikogen yang besar dalam kista berinti 1. Iodomoeba butschlii mempunyai pseudopodia tumpul dan dikeluarkan mempunyai 3 bentuk stadium, yakni bentuk tropozoit, prekista, dan kista.
Bentuk tropozoit berukuran 6 – 20 µm (rata-rata 10 µm), ektoplasma sedikit/hampir tidak terlihat, pergerakan agak aktif dengan pseudopodia tumpul dan jernih, endoplsma mempunyai sitoplasma granuler dengan partikel makanan, bakteri, kristal, sel tumbuh-tumbuhan, sering dalam vakuole. Dan tidak makan sel darah merah. Inti berbentuk khas dan bulat, kariosom berbentuk bulat dan letaknya di tengah-tengah, hampir memenuhi inti, antara kariosom dan inti terdapat benang-benang.
Bentuk kista berukuran 5 – 18 µm, dengan bentuk ireguler. Glikogen vakuole berbatas tegas dan jelas, serta batang kromidial tidak ada. Jumlah inti hanya 1, kecuali kista yang akan pecah terdapat 2 inti. Diagnosa laboratorium ; sama seperti pemeriksaan E.histolytica.



Patogenesis
Sama seperti Entamoeba hartmani, Iodamoena butschlii juga bukan merupakan ameba patogen pada tubuh manusia atau tidak berbahaya dan hanya hidup komensal di usus besar.
Gambaran klinis
Karena Iodamoeba butschlii bukan merupakan ameba yang patogen, maka tidak menyababkan penyakit sehingga tidak ada gejala klinis yang dapat ditemukan sebagai akibat dari Iodamoeba butschlii.

Cara menegakkan diagnosis / diagnosis banding
Meski kistanya dapat diidentifikasikan dengan sediaan basah, terutama bila vakuol dipulas dengan iodium, trofosoitnya sulit dideteksi dan diidentifikasi tanpa sediaan pulasan permanen.
Pengobatan
Tidak ada pengobatan untuk Iodamoeba butschlii karena tidak bersifat patogen.

Gambar spesies
Bentuk trofozoit
Bentuk kista

e)      Dientamoeba fragilis
Morfologi
Dientamoeba fragilis mempunya bentuk bulat memanjang, bulat, dan memiliki flagela. Dientamoeba fragilis hanya ditemukan dalam fase trophozoit, tidak ditemukan fase kistanya. Ciri trophozoit:
•Ukurannya kecil (5 to 15 μm)
•Berinti dua
•Bentuk bulat (saat tidak bergerak)
•Pergerakannya cepat
•Pseudopodium banyak dengan bentuk seperti daun
Patogenesis
Infeksi oleh Dientamoeba fragilis disebut Dientamoebiasis, dengan gejala nyeri di bagian perut, penurunan berat badan, diare, anoreksia, mual-mual, dan demam. Jika infeksi sudah kronis, gejala yang muncul akan berlangsung hingga lebih dari dua bulan.
Gambaran klinis
Ciri – ciri orang yang terinfeksi Dientamoeba fragilis akan mengalami penurunan berat badan, diare, anorexia, nyeri di bagian perut, mual, serta demam dalam waktu yang cukup lama.
Cara menegakkan diagnosis / diagnosis banding
Diagnosa tergantunbg dari teknik pengumpulan dan teknik prosesing yang benar ( paling sedikit disiapkian 3 spesimen tinja ).
Morfologi masanya terbatas, sehingga pemerikisaan tinjanya harus segera diawetkan/ fiksatif setelah defekasi. Yang penting dibuat pilasan permanen dan diperiksa dengan mikroskop obyektif 100x + oil emersi
Gambar spesies
Bentuk trofozoit


f)       Endolimax nana
Morfologi
•Merupakan spesies yang komensal di usus
•Merupakan protozoa yang hidup parasit di dalam alat pencernaan dan alat kelamin manusia
•Tropozoitnya berbentuk bulat, sitoplasma seperti jala dan mengandung bakteri
•Endosome umumnya berbentuk segitiga, segiempat/sisinya takteratur, letaknya ditengah
•Kista sitoplasmanya seperti jala, inti bervariasi jumlahnya dari satu–empat, dan strukturnya sama seperti tropozoit

Patogenesis
Bukan merupakan ameba yang patogen pada tubuh manusia.

Cara menegakkan diagnosis / diagnosis banding
Diagnosa pasti dilakukan berdasarkan pulasan pernmanen, kista dapat diidentifikasi berdasarkan pemeriksaan basah sepertiteknik konsentrasi dan flotasi. Kariosom keempat intinya sangat refraktil pada sediaan basah.
Gambar spesies
bentuk trofozoit dan bentuk kista
2)       Ameba yang hidup di Rongga Mulut
                        a)         Entamoeba gingivalis
                        Morfologi
Keseluruhan mengandung butir-butir atau banyak vakuola terutama vakuola-vakuola makanan di dalam sitoplasma.
·         Inti sel berbentuk bola, diameternya 2-4 mikron
·         Terdapat endosome di dalam ini yang terletak hampir di tengah
·         Tidak mempunyai kista, tetapi di dalam kulture ada bentuk kistoid
·         Ukurannya kira-kira 12-30 mikron diameternya

Patogenesis
Entamoeba gingivalis sebelumnya dianggap parasit yang komensal, sampai akhirnya beberapa peneliti menemukan bahwa E. gingivalis bersifat patogen yaitu dapat memfagosit sel darah putih dan sel darah merah.
Cara menegakkan diagnosis / diagnosis bandin
Diagnosa ditemukan dalam pulasan permanen, dimana fragmen inti dari sel darah putih dapat terlihat dalam vakuola makanan yang biasanya lebih besar dari pada E. Hystolitica, karena E, gingivalis merupakan satu-satunya spesies yang hanya memfagosit sel lekosit.
Gambar spesies
Bentuk trofozoit
2.3       Prognosis
Terapi obat dapat menyembuhkan amebiasis dalam beberapa minggu. Namun, karena obat tidak dapat mencegah Anda dari mendapatkan terinfeksi lagi, ulangi episode amebiasis dapat terjadi jika Anda terus hidup atau bepergian ke daerah dimana amuba ditemukan. 
Diantara anak-anak di negara berkembang, terutama bayi dan orang-orang muda dari 5, amebiasis pencernaan bisa berakibat fatal. Seluruh dunia, amebiasis adalah penyebab paling umum ketiga kematian karena infeksi parasit.
BAB III
PENUTUP
3.1       Kesimpulan
Tidak semua spesies Rhizopoda merupakan bakteri patogen, akan tetapi penting untuk dipelajari sebagai pembanding dengan spesies yang lain.

3.2       Saran
Kepada pembaca sekalian, penulis menyarankan agar pembaca sekalian menjaga kesehatan dan kebersihan diri sehingga terhindar dari infeksi ameba yang patogen.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Isinya bagus tapi kok latarnya begitu banget yak. jadi alay. diperbaiki lagi